Individu, Masyarakat dan Negara

Individu, masyarakat dan Negara menjadi kajian dalam IPS karena dalam kehidupan sehari-hari ketiga aspek tersebut melingkupi kita.

Individu berasal dari bahasa latin individuum yang artinya yang tidak dapat dibagi-bagi lagi. Dalam kenyataannya individu merupakan seseorang yang unik karena tidak ada individu yang benar-benar sama. Orang yang kembar identik pun, yang berasal dari satu sel telur, tidak memiliki kepribadian yang sama, karena mereka adalah individu masing-masing yang mempunyai pengalaman, sifat, karakter, pembawaan, naluri, nafsu dan berbagai kepribadian lainnya yang berbeda-beda.
Ketika seorang individu berada di masyarakat, ada tiga kemungkinan yang terjadi: menyimpang dari norma kolektif, kehilangan individualitasnya atau takluk terhadap kolektif dan mempengaruhi masyarakat sebagai seorang pahlawan atau sebagai pengacau.

Dalam mengenal individu terdapat beberapa teori, salahsatu teori yang terkenal adalah teori dari Sigmund Freud (1856-1939). Menurut teori tersebut pada diri manusia ada id, ego, dan super ego. Id adalah : “es” (jiwa adalah ibarat gunung es di tengah laut), sedangkan ego adalah “aku” bertugas melaksanakan dorongan-dorongan ”id” tanpa bertentangan dengan tuntutan dan kenyataan dari super ego. Superego adalah kata hati, conscience, berhubungan dengan lingkungan sosial dan punya nilai-nilai moral sehingga menjadi control terhadap dorongan yang datang dari Id.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia bersosialisasi, manusia adalah makhluk yang tidak dapat hidup tanpa adanya manusia lainnya. Bayangkan bagaimana jadinya seorang manusia yang hidup terpencil, terisolasi, dan tidak memperoleh sentuhan kasih sayang dari manusia lainnya. Manusia cenderung kepada kebaikan, karena manusia diciptakan dengan fitrah, kecenderungan untuk kebaikan, sehingga dalam kisah Hayy Ibn Yaqdzan, manusia dapat mengetahui keberadaan Tuhan pencipta semesta dengan optimalisasi kekuatan akal dan pikirannya.

Dalam kehidupan manusia dikenal istilah keluarga, komunitas, dan masyarakat. Keluarga adalah sistem sosial manusia yang paling kecil. Pada keluarga terdapat beberapa fungsi antara lain : fungsi seksual, reproduksi, sosialisasi, penempatan anak dalam masyarakat, pemuas kebutuhan perseorangan, fungsi pemeliharaan, dan kontrol sosial, demikian diungkapkan oleh William J. Goode (1983)

Komunitas adalah satuan kebersamaan hidup sejumlah orang banyak yang memiliki cirri-ciri : territorial yang terbatas, keorganisasian tata hidup bersama, dan berlakunya orientasi nilai kolektif (Poplin, 1960). Wilayah dapat dipandang sebagai sesuatu yang subjektif dan objektif karena bias menempus batas-batas administratif yang ditentukan oleh pemerintah secara formal. Pada saat ini komunitas hobi bahkan dapat berkumpul secara lintas Negara melalui media internet.

Masyarakat adalah lingkungan sosial yang bersifat makro. Aspek teroterium kurang ditekankan namun aspek keteraturan dan wawasan hidup kolektif memperoleh bobot yang lebih besar. Masyarakat terdiri dari beragam komunitas, masyarakat juga merupakan gabungan dari individu-individu, lembaga dan berbagai macam keluarga.

Negara adalah nasion, berasal dari kata natie, menurut Ernest Renan (1832-1892), adalah suatu jiwa, suatu asas spiritual, suatu solidaritas yang terbentuk oleh perasaan yang timbul sebagai akibat pengorbanan-pengorbanan yang telah dibuat dan yang di masa depan bersedia dibuat lagi. Hubungan antara individu dengan Negara direpresentasikan sebagai warga negara.

Bahan Pustaka :
M. Munandar Soelaeman. 2005. Ilmu Sosial Dasar: Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung : Refika Aditama

Advertisements

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s