motivasi

Motivasi merupakan hal yang penting dalam perilaku organisasi, istlah ini memiliki berbagai sebutan lain seperti :
 need (kebutuhan)
 aspiration (aspirasi)
 desire (keinginan)
Dapat dikatakan bahwa studi tentang tentang motivasi mencoba menjawab pertanyaan “mengapa” sehubungan dengan perilaku manusia
• proses yang mendorong, mengarahkan dan memelihara perilaku manusia ke arah pencapaian suatu tujuan (Greenberg & Baron. 1993: 114)
proses motivasi dapat digambarkan sebagai berikut :
kebutuhan – ketegangan (kekuatan yang memotivasi – Pengurangan tegangan, dan – -analisis

Konsep Dasar Motivasi
• Menurut Sigmund Freud : motivator utama manusia adalah libido*, yaitu daya tarik seksual pada manusia. Teori ini cenderung memberikan perhatian pada aspek jasmaniah semata

Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi, yang erkaitan dengan matakuliah Perilaku Organisasi adalah sebagai berikut :
• kondisi fisik lingkungan kerja
• kondisi sosial lingkungan kerja
• keterpenuhan kebutuhan dasar individu

Teori-teori tentang Motivasi menurut Stephen P. Robbins dalam bukunya Organizational Behavior :
• Teori hirarki kebutuhan dari Abraham Maslow (Menurut teori ini manusia memiliki lima hirarki kebutuhan yaitu fisiologis, keamanan, afeksi, penghargaan, dan aktualisasi diri)
• Teori X dan Y (Douglas Mc Gregor). Teori ini memandang manusia dari dua arah, megatif dan positif. Menurut pandangan negatif (Teori X) manusia bekerja dalam keadaan terpaksa, manusia tidak suka bekerja dan menghindarinya, manusia suka menghindari tanggungjawab, dan menempatkan keamanan di atas semua faktor lain. Sedangkan teori Y menyatakan manusia bekerja secara alamiah, sama seperti istrahat dan bermain, manusia memiliki sifat pengarahan diri dan introspeksi dalam memperoleh hasil, belajar menerima,mengusahakan dan tanggungjawab, dan mampu membuat keputusan.
• Teori 2 Faktor (Frederick Herzberg). Menurut teori ini Faktor-faktor intrinsic berhubungan dengan kepuasan kerja dan faktor-faktor ekstrinsik berhubungan dengan ketidakpuasan. Ada faktor-faktor yang apabila memadai, dalam pekerjaan tertentu, menentramkan karyawan, namun ila tidak ada akan menyebabkan ketidakpuasan, dsebut dengan faktor hygiene
• Teori ERG (Clayton Alderfer) ada tiga kelompok kebutuhan inti : eksistensi, keterhubungan dan pertumbuhan. Teori ini merupakan pengembangan dari teori A. Maslow.
• Teori Kebutuhan (David McClelland) ada tiga kebutuhan dasar manusia yaitu Need for Achievement, need for Power, and need for Affiliation or nAch, nPow, and nAff)
– kebutuhan akan prestasi : dorongan untuk unggul, untuk berprestasi berdasar seperangkat standar, untuk berupaya keras untuk meraih sukses/.
– Kebutuhan akan kekuasaan: kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu tatacara yang sedemikian rupa sehingga mereka tidakakan berperilaku sebaliknya.
– Kebutuhan akan pertemanan (Hasrat untuk hubungan pribadi yang ramah dan akrab.
• Teori Penetapan – Sasaran (Edwin Locke): Teori bahwa sasaran yang khusus dan sulit akan menghasilkan kinerja yang lebih tinggi. Pada teori ini dikenal Keefektifan diri yaitu keyakinan individu bahwa ia mampu melakukan tugas tertentu meripakan faktor penting selain dari budaya dan komitmen sasaran.
• Teori Penguatan (Reinforcement theory). Merupakan teori behavioristik yang menyatakan bahwa penguatanlah yang membentuk perilaki
• Teori Flow (Hanyut) dan Motivasi Intrinsik : Terjadketika kita merasakan adanya onsentrasi absolut ketika sedang melakukan kegiatan tertentu sehingga melupakan sekitarnya, dikatakan juga on the mood atau ”dalam zona”.

Kita sudah mengetahui beragamnya teori tentang motivasi, membuat kita bingung untuk mengaopsinya, yang mana yang benar ? Kalau kita perhatikan setiap teori mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun dalam kesempatan ini saya sampaikan, untuk memberikan motivasi, maka kita harus memiliki kejelasan terkait dengan kondisi, lingkungan, dan budaya yang ada pada organisasi yang kita ikuti

Leave a comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s